Pelari Pemula, Hindari 7 Kesalahan Ini agar Tidak Cedera

Lari termasuk dalam kategori olahraga sempurna. Selain mudah diterapkan, olahraga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. Untuk fisik, lari dapat membakar banyak lemak, paru-paru dipaksa menghirup banyak oksigen, dan otot-otot jantung terlatih. Adapun untuk mental, olahraga ini bisa meredakan stres.

Meski mudah diterapkan, banyak orang melakukan kesalahan saat berlari. Akibatnya, risiko cedera meningkat dan manfaat lari yang dirasakan tidak optimal.

Inilah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat berlari, dilansir dari Times of India.

1. Tidak melakukan pemanasan

Pemanasan dengan melakukan stretching membuat tubuh lebih siap berlari. Jika tidak melakukan pemanasan maka tubuh akan rentan cedera.

2. Menggunakan sepatu yang tidak tepat Menggunakan sepatu yang sudah lama atau tipe yang salah berdampak buruk bagi kaki dan gaya berlari. Jadi, jangan ragu berinvestasi pada jenis sepatu yang tepat.

3. Lari terlalu cepat

Banyak pelari pemula yang berlari terlalu cepat. Mereka tidak beristirahat karena menganggap berlari lebih cepat itu lebih baik. Itu dapat membuat pelari cedera otot, runner’s knee atau sakit pada kaki bagian depan, dan ITB syndrome yang mengebabkan nyeri pada lutut dan paha bagian luar.

4. Langkah terlalu panjang

Banyak yang berpikir bahwa melangkah lebih lebar membuat lari lebih cepat dan efektif. Tapi langkah lari terlalu panjang atau overstriding hanya membuang energi dan meningkatkan risiko cedera.

5. Kurang minum air

Pelari yang kurang minum air lebih rentan mengalami dehidrasi, yang merugikan kesehatan.

6. Lari berlebihan

Pemula sering kali terlalu bersemangat sehingga lari terlalu keras dan sering. Ini membuat tubuh tidak sempat memulihkan diri dan menyebabkan cedera.

7. Tidak bernapas dengan benar

Bernapas cepat-cepat bisa menyebabkan sakit perut. Cobalah berlari lebih tenang agar bisa bernapas dengan mudah tanpa terengah-engah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Pengakuan Sopir Vanessa Angel Main Ponsel Bisa Dipidana Sengaja Membahayakan
Next post Hampir ke Podium di Moto3 Algarve, Ini Alasan Kegagalan Rider Indonesian Racing