Motor Tim World Superbike Tiba di Sirkuit Mandalika

Mataram – Seri terakhir kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) pada 19-21 November 2021. Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyambut langsung kedatangan sepeda motor superbike peserta dan logistik WSBK saat tiba di Bandara Internasional Lombok, Senin, 8 November 2021.

“Alhamdulillah malam ini motor-motor yang akan digunakan dalam World Superbike 19 – 21 November ini di Mandalika sudah tiba di Lombok, ” katanya selesai melihat pesawat jenis kargo Boeing 777 Freighter milik maskapai Qatar Airways mendarat sekitar pukul 23.00 WITA.

Pesawat Qatar Air terbang langsung dari Doha ke Lombok. Begitu juga dengan logistik lain untuk World Superbike ini. Zulkieflimansyah berharap WSBK menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia, khususnya di NTB. Terlebih sudah dua tahun terakhir Covid-19 melanda. ”Kita hanya bisa berdoa pada Allah SWT agar semuanya lancar dan menjadi penyemangat untuk bangkit setelah pandemi Covid-19 yang melelahkan,” ujarnya.

Video test drive Toyota GR Supra, mudah untuk drifting:

Operational Director Dorna Sports S.L Carles Jorba, menjelaskan, penanganan logistik superbike dan MotoGP dihandle Dorna Sports. Menurutnya, aktivitas ini bukan hanya memindahkan semua material antara negara Eropa yang saling menempel, namun sering juga memindahkan semua material antar benua.

Ia melanjutkan bahwa material yang harus dipindahkan antar sirkuit dalam gelaran MotoGP adalah sekitar 260 ribu kg atau 260 ton. Sebanyak 210 ton merupakan material tim MotoGP, Moto2 dan Moto3 sekaligus kegiatan tambahan seperti Rookie Cup dan 50 ton adalah material Dorna sendiri sebagai penyelenggara.

Sebanyak 50 ton material milik Dorna, mencakup semua peralatan pengukuran, sumber listrik, sampai peralatan televisi, safety car, pemancar dan lainnya dibawa semua. Dari 210 ton material tim ini semua dikemas menjadi sekitar 300 box/petikemas. Masing-masing tim memiliki bobot material bawaan sekitar 10-12 ton. Sedangkan untuk tim Moto2 dan moto3 adalah sekitar 4-6 ton per tim.

Sirkuit Mandalika akan menggelar dua kegiatan balap internasional pada dua pekan ke depan. Pekan ini adalah jadwal balap junior Asia Talent Cup. Sekaligus menjadi kegiatan balap perdana di Sirkuit Mandalina. Pekan berikutnya adalah Asia Talent Cup dan World Superbike seri terakhir.

SUPRIYANTHO KHAFID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Daftar Aksesori New Mitsubishi Xpander dan New Xpander Cross
Next post Indonesiana.id Gelar Sayembara Cerpen Berhadiah Total Rp 20 Juta, Ini Syaratnya