Mengirim Barang Ke Luar Negeri, Murah apa Mahal?

Ketika ingin mengirim barang ke luar negeri atau sebaliknya anda pasti bertanya-tanya tentang jumlah biaya yang harus dibayarkan sebagai ongkos kirim. Mahal atau murah?

Sebetulnya, sama seperti pengiriman pada umumnya, dalam pengiriman antar negara semakin berat, besar dan jauh jarak pengiriman maka akan semakin mahal pula ongkir yang harus dibayarkan.

Adapun, untuk hitungan persatuan berat dan ongkos jarak biasanya menjadi kebijakan dari setiap ekspedisi. Jadi, satu ekspedisi dengan ekspedisi lain mungkin akan berbeda dalam sistem penerapan harga.

Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga ongkos kirim keluar negeri menjadi mahal ataupun menjadi murah.

Apa faktor yang mempengaruhi biaya ongkos pengiriman?

  1. Kecepatan

Jika anda ingin mengirimkan barang secara cepat, maka anda harus melakukan pengiriman barang lewat udara atau menggunakan pesawat. Hanya saja anda harus membayar biaya ongkir yang cukup mahal untuk menggunakan pengiriman ini.

Namun, jika anda ingin mengirimkan barang secara murah, anda bisa menggunakan pengiriman lewat jalur laut menggunakan kapal. Hanya saja waktu pengiriman menjadi lebih lama, anda harus menunggu selama berminggu minggu untuk mendapati paket sampai ke tujuan.

Namun, selain karena mode transportasi yang digunakan, jarak pengiriman juga mempengaruhi kecepatan pengiriman barang. Jika anda melakukan impor barang dari kuwait tentu saja akan lebih cepat dibandingkan melakukan pengiriman barang dari misalnya Afrika.

  1. Berat Barang

Pada pengiriman barang ekspor atau impor dalam jumlah banyak, penghitungan ongkir biasanya bukan lagi dihitung berdasarkan berat barang perkilogram, melainkan berdasarkan volume atau kubikasi dari barang.

Ukuran penghitungan ongkir menggunakan kubikasi menggunakan istilah CBM, jadinya nanti anda akan mengetahui paket dengan kata ini, bukan lagi dengan ukuran kilogram.

Untuk proses penghitungan CBM sendiri disesuaikan dengan bentuk paket yang dikirim, setelah itu dilakukan penghitungan volume berdasarkan rumus-rumus matematika tertentu sehingga menghasilkan ukuran yang nantinya dikalikan dengan harga ongkir per 1 CBM.

  1. Jarak Pengiriman

Selain dua faktor diatas, jarak pengiriman tentu saja menjadi salah satu faktor utama dalam penentuan harga ongkir pengiriman barang dari Indonesia ke luar negeri ataupun sebaliknya. Semakin jauh jarak pengiriman maka harga pun akan semakin mahal.

Selain itu, yang harus diketahui bahwasanya jarak pengiriman juga didasarkan pada jarak lalu lintas kapal laut berjalan. Ini dikarenakan pada rute-rute tertentu kapal laut akan melakukan pemutaran mengelilingi daratan sehingga jarak lebih jauh dibandingkan menggunakan perjalanan darat.

Adapun, karena masalah jarak ini, beberapa jasa pengiriman hanya melayani ekspedisi dengan rute rute negara tertentu saja. So, jika anda menginginkan pengiriman barang dari negara-negara selain China, Jepang, Amerika biasanya akan lebih sulit dibandingkan negara tersebut.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena ada kilo.id yang melayani pengiriman dari dan ke lebih dari 20 negara yang ada di dunia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Tips Memilih Kaos Mancing yang Berkualitas
Next post Kuliah Data Science Kuliah Paling Menguntungkan